“cerita negara kita”

Just another WordPress.com weblog

Tips Mengikuti Tes Akademi Militer

Posted by suryasajalah pada Maret 13, 2009

Sebaiknya persiapan dilakukan selama 1 tahun, pada saat masuk kelas tiga SMA, minimal 6 bulan.

Karena itu lebih baik saya sebutkan kriteria kualitas kesehatan, kemampuan fisik dan mental yang harus dimiliki/dicapai pada saat menghadapi tes nanti :

1. Kualitas kesehatan:

  • Lakukan segera general check up dirumah sakit militer terdekat yang membuka poliklinik untuk umum, untuk mengetahui antara lain: Tekanan darah ( ideal 120/80); Detik jantung ( ideal 60-90 permenit); HB darah ( ideal 14-16/gr); Gula darah normal; Kolesterol normal;hasil rontgen paru paru baik/normal; gigi sehat/tidak ada bolong; tidak menderita ambeien/wasir; tidak menderita varikokel; tidak menderita pembengkakan di pembuluh darah balik dibetis kaki;jantung sehat; mata normal;tidak buta warna dll.
  • Lakukan penyembuhan atau perbaikan bila ada yang belum ideal oleh dokter militer.
  • Untuk penderita varises, dapat disuntik agar varises tersebut hilang max 2 minggu sebelum tes kesehatan.

2. Kemampuan fisik/kesamaptaan/fitness harus diatas rata rata kemampuan calon lain:

  • Lari 12 menit harus mampu  menempuh jarak minimal 2470 m atau 8 kali keliling lapangan sepakbola (400 m).
  • Push up harus mampu 30 kali repetisi/lebih
  • Sit up harus mampu  30 kali repetisi/lebih
  • Pull up harus mampu minimal 13 kali/lebih
  • Shuttle run 6×10 m dalam waktu 15 detik

3. Kondisi kejiwaan untuk menghadapi psikotest

  • Perkokoh niat ingin menjadi prajiurit pejuang yang profesional, yang bersedia mengorbankan jiwa dan raga untuk kepentingan bangsa dan negara..tanamkan terus menerus dalam hati bahwa anda siap mati untuk kepentingan bangsa..bahwa setelah cinta Allah, cinta anda yang kedua adalah bukan pacar, bukan orang tua, bukan siapapun, tapi kejayaan bangsa dan negara…tanamkan ini terus menerus sampai betul betul merasuk dalam hati sanubari dan alam bawah sadar anda…
  • Lepaskan berbagai masalah dan kepentingan pribadi yang selalu membelenggu anda selama ini, masalah dengan pacar, dengan teman, dengan orang tua atau dengan siapapun, harus dilupakan dulu…biarkan jiwa anda lepas bebas memenuhi impian dan jati diri anda yang sejati…yang ingin mengabdi kepada Allah SWT melalui kehidupan militer..
  • Baca sejarah perjuangan para pahlawan seperti Jendral Sudirman dll, agar merasuk kedalam kalbu semangat perjuangan mereka…
  • Lakukan latihan gambar pohon, gambar orang dan gabungannya, orang, pohon dan rumah  yang harmonis dan APABILA MENGGAMBAR, GARIS YANG ANDA BUAT JANGAN SAMPAI TERPUTUS-PUTUS.
  • Latihan mengerjakan soal-soal psikotes untuk tentara dan terutama latihan mengerjakan HITUNGAN KORAN.
  • Sebelum anda melakukan psikotes, usahakan kondisi fisik maupun mental anda berada dalam kondisi terbaik, jangan terlalu lelah dan tegang.
  • Pelajari dan sugestikan prinsip “Do the best, God takes the rest..”
4. Untuk tes wawancara, sedapat mungkin calon taruna mengetahui tentang TNI khususnya Angkatan Darat (termasuk sejarah, doktrin AD dan ideologi AD) dan mengikuti perkembangan-perkembangan berita terkini.

5.  Last but not least, kemungkinan peluang lulus ujian/saringan hanyalah 1% saja, artinya anda harus menyingkirkan 100 orang pelamar lainnya, artinya anda harus memiliki keunggulan kompetitive yang sangat tinggi, bukan asal pas pasan saja.

Selanjutnya anda jangan terpengaruh oleh budaya KKN yang mungkin ditawarkan kepada anda atau mendengar dari orang lain, lalu anda goyah dan tidak fokus…

Abaikan kelakuan buruk mereka, jangan terpengarug dan ikut ikutan…siapapun yang berbuat jahat/licik/suap/KKN dll, pasti akan mendapat hukuman yang setimpal oleh Tuhan dibelakang hari…saya tahu pasti semua kejadiannya…ada yang celaka saat latihan, ada yang ditembak anak buahnya pada saat tugas tempur, ada yang dipecat dari militer dll…

Yakinlah peribahasa: “Tangan mencencang bahu memikul.”..”Siapa menebar angin akan menuai badai.”..Semua akan mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan…Sayang sekali kalau anda sudah susah payah melakukan persiapan, lalu ikut ikutan KKN, nanti dikemudian hari setelah bertugas sebagai perwira, anda dimintai pertanggungan jawab oleh Tuhan…Makanya banyak perwira TNI dan keluarganya yang terlibat berbagai aib yang memalukan dikemudian hari, inilah balasan Tuhan….

About these ads

138 Tanggapan to “Tips Mengikuti Tes Akademi Militer”

  1. adam said

    maaf saya ingin tahu, umur saya saat buka pendidikan akmil agustus nanti masih 18 tahun kurang 3 bulan.apa itu masih bisa diterima???
    mohon dijawab secepatnya karena saya ingin sekali menjadi taruna akmil yang
    trima kasih

    • suryasajalah said

      Untuk calon taruna akademi militer, pada pembukaan Diksar Lat Chandradimuka harus sudah berumur 18 tahun, tidak boleh kurang , dan setahu saya, AD sangat disiplin dalam menerapkan regulasi mengenai umur ini. Jangan menyerah, mas, anda bisa mencoba lagi tahun depan. Semoga sukses, terimakasih atas kunjungan dan komentarnya.

  2. Munif Hamdun said

    Assalamualikum Wr. Wb.
    Hormat saya sebelumnya..,
    Saya adalah laki – laki kelas 2 sma yang ingin mendaftarkan diri ke akmil.
    Yang saya ingin tanyakan :
    -bisakah saya mengikuti akmil dari progam jalur IPS ?
    -apakah persyaratan untuk menjadi anggota KOPASSUS ?

    Yang terakhir merupakan pertanyaan pribadi saya..,
    Saya adalah pemuda berketurunan Arab namun saya asli lahir di Indonesia.,
    Kakek adalah pejuang yang ikut mengangkat senjata pada masa penjajahan Jepang meskipun berketurunan Arab.
    Namun saya masih khawatir akibat wajah Arab saya ini bisa membawa masalah saat di akmil.
    Terlebih banyak teman saa di sekolah yang mengatakan saya tidak akan dapat mengikuti akmil karena wajah Arab saya.
    Benarkah itu ?
    Dan benarkah nepotisme dan kolusi akan banyak terjadi di AKMIL ?
    Mohon atas pencerahan anda.
    Saya terkesan akan artikel anda di atas yang membuat saya lebih bersemangat untuk mengikuti AKMIL.
    Mungkin kalau berkenan anda bisa membalasnya ke email saya.
    Wassalamualaikum Wr. Wb

    • suryasajalah said

      walaikumsalam mas munif. saya kan menjawab pertanyaan mas munif satu-satu ..

      1. untuk calon taruna akmil, tahun ini yang diterima hanya yang berasal dari jurusan ipa, sesuai dengan SKEP Kasad tahun 2009. Karena kuota untuk prajurit TNI Administrasi sudah terpenuhi. kalau anda tetap berniat masuk menjadi prajurit AD, untuk tahun ini dibuka Secaba AD yang berasal dari IPS.

      2. untuk menjadi anggota Kopassus, anda harus lulus dari Akmil dan menjadi Letnan Dua dengan jurusan Infanteri terlebih dahulu, kemudian mengikuti tes kesamaptaan dan psikologi untuk masuk menjadi calon anggota Kopassus di Pusdikpassus . Sekedar info, untuk calon prajurit Kopassus, anda harus menempati peringkat 5 besar dalam semua kategori (kesehatan, jasmani, psikologi dsb) baru kemudian anda direkomendasikan oleh atasan anda untuk mengikuti seleksi menjadi anggota Kopassus. Pendidikan di Pusdikpassus selama 7 bulan dan pada latihan akhir, anda akan diterjunkan di hutan Kalimantan atau Papua.

      3. Untuk keturunan Arab, hal itu tidak benar. Karena TNI menerima semua pemuda Indonesia, meskipun itu keturunan dari mana saja. Yakinlah bahwa anda dapat mematahkan anggapan itu.

      mungkin cukup sekian jawaban saya, apabila anda masih membutuhkan informasi, silakan melalui blog saya ini. terimakasih atas kunjungan dan komentarnya, semoga sukses selalu.

      • Munif Hamdun said

        Assalamualaikum Wr. Wb
        Terima Kasih atas tanggapan anda atas pertanyaan saya,
        namun berhubung saya masi awam dengan kemileteran saya ingin bertanya lagi mas.,
        yang di maksud dengan secaba itu apa ya mas ? apakah secaba itu sama dengan menjadi prajurit AD..?, dan masih tentang KOPASSUS apakah bila saya mengambil jalur secaba dapat menjadi seorang anggota KOPASSUS ?
        Saya minta maaf bisa sekiranya pertanyaan saya ini merepotkan.

        Terima kasih

        Wassalamualikum Wr. Wb

      • suryasajalah said

        walaikumsalam mas munif
        Secaba adalah singkatan dari Sekolah Calon Bintara. Secaba ini terdapat di TNI maupun Polri. Lulusan dari Secaba akan mendapat pangkat Sersan Dua, atau bintara. Kalau Akmil, AAU, AAL dan Akpol adalah Akademi yang lulusannya langsung menjadi Perwira, yaitu setingkat diatas bintara. Untuk Secaba, syaratnya hampir sama dengan Akmil maupun akademi yang lain, tetapi tingkat kompetisi/persaingannya lebih rendah dibanding Akmil dsb.

        Untuk Kopassus, bisa dari jalur Secaba, dan anda akan memulai pendidikan di Pusdikpassus Batujajar dan Tangkuban Perahu.

        Demikian jawaban dari saya, apabila mas munif masih membutuhkan informasi, silakan melalui blog saya ini. terimakasih atas kunjungan dan komentarnya, semoga sukses selalu.

      • christian said

        pak boleh tau ga tes akademik masuk AAL, maksudnya matematika contohnya, bahan yang dites tentang apa saja, apakah hanya statistika atau materi apa saja, klo bisa matematika, fisika dan kimia, karena materi ini merupakan yang tersulit menurut saya…

        terimakasi atas perhatiannya, saya mohon jawaban dan balasannya,…

        SEKIAN

      • suryasajalah said

        setahu saya tes akademik untuk masuk AAL untuk matematika adalah : statistika, trigonometri dan aljabar, untuk fisika, semua fisika dasar dan terapan, dan untuk kimia, tampaknya sama seperti materi untuk fisika yaitu kimia dasar dan kimia lanjutan. sekian jawaban dari saya, semoga sukses selalu dan terimakasih atas kunjungannya.

      • satrio said

        kalau dari secaba bisa gak menjadi prajurit kopassus? dan gini pak gigi saya baru ditambal rapi karna kemarin kecelakaan apa bisa lolos tes akmil?

    • asep saepudin said

      kmu psti bisa sobat asalkan tekad yang tinggi kmu psti bisa
      if you can, if you think you can
      and if you can’t, if you thing you can’t
      KAMU PASTI BISA SOBAT

  3. arba w.p. said

    assalamualaikum….
    saya pernah melihat video kekerasan para senior trhdp junior,klau tdk slah it trjdi wktu jam makan…
    apakah benar video yang pernah saya lihat..?? karena menurut saya itu sngt tdk brprikmanusiaan….

    trimakasih…

    • suryasajalah said

      walaikumsalam mas arba ..
      mengenai video kekerasan itu, saya belum pernah melihat sehingga saya tidak tahu itu dilakukan oleh institusi mana. Tetapi menurut teman2 saya yang masih di Akademi TNI (Akmil, AAU, AAL) dan Akpol, hal itu tidak pernah terjadi, karena mereka tidak menggunakan kekerasan dalam melatih kedisiplinan, namun dengan peraturan2 dan ketegasan senior, sehingga dalam struktur Komando di Akademi tersebut ada yang dinamakan Kelompok Komando. Jadi berperan seperti OSIS apabila di Sekolah Menengah.
      Menurut saya, video itu terjadi di institusi2 yang ingin tampak gagah dengan gaya militer, namun mereka tidak memahami apa arti militer itu sebenarnya.

      Demikian jawaban saya, apabila membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan melalui blog saya ini. Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya, semoga sukses selalu.

  4. Irwan said

    Assalamualaikum sblmnya.,
    Mas kalo yang di maksud dengan tantama itu apa ya ?
    Klo mungkin berkenan bisakah menjelaskan apa yang di maksud dengan perwira,bintara, atau tantama dan bidang specialisasinya.
    Terima kasih.

    • suryasajalah said

      walaikumsalam mas irwan ..
      yang dimaksud dengan tamtama, bintara dan perwira adalah jenis tingkatan kepangkatan dalam TNI dan Polri.
      yang termasuk Tamtama adalah Prajurit Dua (Prada) hingga Prajurit Kepala (Praka), yang termasuk Bintara adalah Sersan Dua (Serda) hingga Pembantu Letnan Satu (Peltu).
      Untuk kategori Perwira, dibagi menjadi 3 yaitu :
      1. Perwira Bawah (Paba) yaitu Letnan Dua (Letda), Letnan Satu (Lettu) dan Kapten.
      2. Perwira Menengah (Pamen) yaitu Mayor, Letnan Kolonel (Letkol) dan Kolonel.
      3. Perwira Tinggi (Pati) yaitu Brigadir Jenderal hingga Jenderal.

      Untuk spesialisasinya, setiap tamtama, bintara maupun perwira, harus sesuai dengan disiplin ilmu yang didapat di Akademi, antara lain ada Jurusan Tempur (Kavaleri, Infanteri, Zeni dan Artileri), Jurusan Teknik, Jurusan Perhubungan dan Jurusan Administrasi. Apabila mereka telah menjadi militer aktif, mereka akan mengemban tugas sesuai dengan disiplin ilmu mereka.

      Demikian jawaban saya, apabila mas irwan masih membutuhkan informasi, silakan melalui blog saya ini. Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya, semoga sukses selalu.

  5. Irwan said

    Mas Surya yang dimaksud dengan hitungan koran apa ya ?

    • suryasajalah said

      yang dimaksud dengan hitungan koran adalah angka-angka yang berbentuk kolom-kolom di kertas seukuran kertas koran dan kita diwajibkan untuk menghitung jumlah dari masing-masing kolom tersebut dari atas ke bawah.

      tes ini benar-benar membutuhkan konsentrasi yang tinggi karena membutuhkan kemampuan numerik, ketelitian dan kecepatan.

      terimakasih atas kunjungan dan komentarnya, apabila mas irwan masih membutuhkan informasi, silakan melalui blog saya ini. semoga sukses selalu.

  6. Candra Ardi Nurdianto said

    asallamualaikum…
    nama saya candra, saya sekarang sudah menjalni beberapa test untuk masuk akmil.
    Saya mau nanya, tips yang paling jitu pda saat psikotes spya dtrima bagaimana?
    wassalamualaikum..

    • suryasajalah said

      walaikumsalam mas candra . tips untuk mengikuti psikotes adalah yang pertama tentu saja siapkan mental fisik, jangan tegang dan bersikaplah nothing to lose. kemudian pada saat malam hari sebelum mengikuti tes, jangan tidur terlalu malam, sehingga otak dan fisik anda siap untuk mengikuti tes yang biasanya berlangsung hingga siang hari. kemudian seperti yang tercantum pada tulisan saya diatas, berlatihlah menggambar orang dan rumah dengan perspektif yang tepat dan sudah disesuaikan, dan jangan terputus-putus.
      sekian jawaban saya, terimakasih atas kunjungannya dan semoga sukses selalu. wassalamualaikum ..

  7. Irwan said

    Asslkum.,

    Mas Surya dalam artikel mas di atas menyebutkan untuk latihan mengerjakan soal psikotes dan hitungan koran.
    Pertanyaannya adalah dimana saya bisa mendapatkan soal2 tersebut ?,
    salah satu teman saya mengatakan soal2 itu adalah dokumen negara jadi tidak bisa dipelajari oleh sembarang orang.
    apakah itu benar ?

    • suryasajalah said

      walaikumsalam mas irwan ..
      benar, soal-soal psikotes untuk tes masuk Akademi TNI (Akmil, AAU dan AAL) serta Akpol merupakan rahasia negara, sehingga tidak dipublikasikan kepada khalayak umum. Namun secara garis besar, soal-soal psikotes hampir sama dengan soal-soal psikotes untuk masuk ke BUMN atau instansi pemerintah. Sehingga tidak ada salahnya ada membeli soal-soal yang tersedia di toko buku terdekat.
      Tetapi ada beberapa bagian dari psikotes tersebut yang berbeda dari psikotes sipil biasa. Sebagai contoh menggambar rumah dan orang dengan perspektif yang tepat dan jangan terputus-putus.

      Sekedar info, apabila mas irwan memiliki koneksi, mas irwan bisa mendapatkan soal-soal psikotes khusus militer di Dinas Psikologi AD di Bandung. Namun saya sendiri juga tidak tahu bagaimana cara memperolehnya, karena itu dikhususkan untuk “orang dalam” saja.

      Demikian jawaban dari saya, terimakasih atas kunjungan dan komentarnya. Semoga sukses selalu.
      Wassalamualaikum Wr. Wb.

  8. Mas Bagus said

    Salam Kenal dari saya Mas Bagus pengelola ardava.com, mas saya mohon ijin untuk ambil artikel tips mengikuti Taruna AKADEMI untuk saya muat di blog saya, supaya para pembaca yang mengikuti tes AKADEMI kelak dapat mempersiapkan kondisinya. sebelumnya terima kasih

    • suryasajalah said

      silakan mas bagus .. saya juga penggemar dari blognya mas bagus .. hehehe, semoga berguna untuk generasi muda kita yang berniat menjadi TNI ..

  9. Iqbal said

    Salam pagi pak asalamuallaikum…
    pak ada yang ingin saya tanyakan tentang prajurit militer, ya itu bebas aktif tolong dijelaskan bebas aktif yang seperti apa karena hal itu membingungkan saya tetapi yang bukan purna wira..???
    trimakasih sebelumnya atas jawabanya…

  10. seandainya saya ingin masuk militer persyaratan apa saja yang harus saya lengkapi terutama dalam segi fisik?mohon bantuanya

    • suryasajalah said

      untuk persyaratan fisik, tinggi badan minimal 165 cm dengan berat badan yang seimbang. untuk kualitas fisik silakan anda check ke rumah sakit atau laboratorium dengan patokan atau standar yang saya tulis diatas (jantung, mata, tekanan darah dsb). kemudian untuk kemampuan jasmani atau kesamaptaan sama seperti yang saya cantumkan diatas. terimakasih atas kunjungan dan komentarnya, semoga sukses selalu.

  11. maf, saya ingin masuk militer trz perlengkapan apa saja yang hars saya lengkapi terutama dalam fisik.mohon bantuanya

  12. dharma ramadhan said

    Assalamu’alaikum. Wr. Wb
    Mas, saya seorang siswa kelas 3 IPA SMA dan bertekad melanjutkan pendidikan di AKADEMI TNI. Yang saya ingin tanyakan : 1) Saya seorang perokok, dan cukup berat. bagaimana kiat untuk bisa lolos menghadapi tes kesehatan khususnya tentang kondisi paru2?
    2) Lalu untuk tes samapta saran dan kiatnya bagaimana? Karena kita tahu betapa beratnya tes itu, khususnya untuk pull up, lari dan push up? Yang saya ingin tanyakan lagi apakah ada tes renang? klo ada bagaimana? trus tes pull up apa mpe 13 kali mas? katanya minimal 8?
    3) Untuk menggambar orang, pohon dan rumah sesuai perspektif dan tidak pututs garis2nya itu gmana?
    terima kasih mas
    maaf banyak bertanya, inilah wujud dari keseriusan saya sebagai abdi negara menjadi taruna akademi militer. mohon dijawab, dan mohon doanya supaya saya bisa menjadi jenderal dan melanjutkan perjuangan bapak SBY dkk, amin.
    Wassalamu’alaikum

    • suryasajalah said

      Walaikumsalam Wr. Wb. mas dharma,

      1. karena anda seorang perokok berat, hal pertama yang harus anda lakukan adalah berhenti merokok. saya sangat memahami kesusaha mas dharma dalam usahanya, tapi hal itu harus dilakukan setahap demi setahap. apabila anda berhasil mengurangi atau insya Allah menghilangkan kebiasaan itu, anda akan mendapatkan keuntungan yang tak terhingga.

      2. untuk tes kesamaptaan, akan sangat lebih baik apabila anda memulai latihan dari sekarang. usahakan lari setiap hari dan latihan push up dan sit up dan pull up setiap hari tetapi bertahap, dan ditingkatkan intensitasnya sedikit demi sedikit. untuk pull up memang minimal 5-8 kali, namun untuk mengurangi tingkat persaingan, ada baiknya anda jauh diatas peserta lain. untuk tes renang memang ada, maaf saya lupa mencantumkan, jarak yang harus ditempuh minimal 25 meter dgn waktu yang tak terbatas. semakin jauh jarak yang anda tempuh semakin baik nilai anda.

      3. untuk tes psikologi menggambar, anda diharuskan menggambar orang, pohon dan rumah dengan ukuran yang telah ditentukan dan besarnya proporsional, maksud saya misalnya apabila menggambar orang, jangan bagian kepalanya besar, namun badannya kecil atau tangan dan kakinya pendek, jadi harus pas dan proporsional. garis-garis jangan sampai terputus karena itu menggambarkan kepribadian anda. apabila anda menggambar dan garisnya terputus atau menimpa garis yang telah anda buat, itu menggambarkan anda adalah seorang peragu dan itu tidak dapat ditolerir di medan perang. jadi usahakan anda menggambar dengan 1 kali tarikan pensil / pena sampai selesai.

      sekian jawaban dari saya, apabila mas dharma masih kurang jelas silakan melalui blog saya ini. terimakasih atas kunjungannya dan semoga sukses selalu.

      • Dharma ramadhan said

        Asslmalkm. Trima ksh sekali untk respon n saranx mas. Saya salut dg anda. Iya, pda saat sosialisasi akdmi tni sy jg smpt mgutarakan mslah rokok. Dan pda saat itu jg saya brhnti smpe skrg alhmdllh. Sdh skitar 1,5 bulan mas. .
        Renang wkt tak trbtas dan gaya apa saja kan ya mas? Yg ptg 25 mter.
        Owh, brarti gmbarx tdak perlu bgus, yg ptg proporsional dan garisx mas? Itu mksudx antar objek atau untk satu objek saja mas? Misalkan untk org saja, atau rumah atau pohon. Atau garis tidak blh ptus semua objek?
        Oya, yg sya dnger2, khasiat susu beruang pny peran ptg mas d tes kshtan n smpta? Apa benar? Mas apa ada saran yg lain untk sya? Saya sdg getol sx mncari info, saran n mtivasi. Jd mas jgn kget ya sya byk tnya. Hhe. Trims mas. Wassalam.

      • Restu said

        Asslamlkum, mas dharma klu boleh tw … mas klahiran thun brp y?
        saya juga sedang mncari info ttg TNI,, tp sya lebih berminat k AAL…

  13. Dharma ramadhan said

    Asslmalkm. Trima ksh sekali untk respon n saranx mas. Saya salut dg anda. Iya, pda saat sosialisasi akdmi tni sy jg smpt mgutarakan mslah rokok. Dan pda saat itu jg saya brhnti smpe skrg alhmdllh. Sdh skitar 1,5 bulan mas. .
    1. Renang wkt tak trbtas dan gaya apa saja kan ya mas? Yg ptg 25 mter.
    2. Owh, brarti gmbarx tdak perlu bgus, yg ptg proporsional dan garisx mas? Itu mksudx antar objek atau untk satu objek saja mas? Misalkan untk org saja, atau rumah atau pohon. Atau garis tidak blh ptus semua objek?
    3. Mas, untk tes wawancara ttg dktrin, sjarah dan prkmbangan tni apa perlu dhafalkan?
    4. Oya, yg sya dnger2, khasiat susu beruang pny peran ptg mas d tes kshtan n smpta? Apa benar? Mas apa ada saran yg lain untk sya? Saya sdg getol sx mncari info, saran n mtivasi. Jd mas jgn kget ya sya byk tnya. Hhe. Trims mas. Wassalam.

    • suryasajalah said

      walaikumsalam mas dharma,

      1. untuk renang memang tidak terbatas, namun lebih baik anda mencatat waktu sesingkat mungkin agar nilai anda dapat melampaui peserta lain. untuk gaya diutamakan gaya katak, dengan pertimbangan apabila anda menjadi tentara nanti, saat anda menyeberang di perairan atau sungai, anda akan membawa banya peralatan dan pegrlengkapan, sehingga gaya katak dianggap paling dapat memudahkan anda untuk menyeberang.

      2. bagus atau tidak bagus itu relatif mas, yang penting gambar anda menggambarkan kepribadian anda yang sebenarnya. untuk garis yang tidak boleh putus untuk semua objek.

      3. tidak perlu dihafalkan, hanya dipahami dan diresapi. diharapkan dengan begitu anda dapat mencantumkan atau memasukkan doktrin atau ideologi atau sejarah TNI tersebut dalam jawaban anda saat anda diwawancara nanti. dengan begitu kemungkinan besar pewawancara memberikan nilai yang bagus untuk anda.

      4. mengenai susu beruang saya juga pernah mendengar, katanya untuk menghilangkan flek-flek yang ada di paru-paru yang diakibatkan oleh merokok sehingga pada saat tes kesehatan organ internal anda tampak bagus. tapi saya belum pernah membuktikannya sendiri.

      demikian jawaban saya, semoga sukses selalu . walaikumsalam wr.wb.

  14. Een said

    Ass.pak, saya mau tanya, saya ini tamatan tahun 2009 jurusan D3 kesehatan gigi (perawat gigi )Palembang,pertama ada gak lowongan di TNI untuk jurusan saya dan kapan mulai pembukaanya ?yang kedua, kalau mau ikut PaPK bisa gak dari jurusan saya ???

  15. faren said

    pak, kalo gigi ad yang lobang satu, terus ditambal boleh nggak,..?

    • suryasajalah said

      bisa, asalkan tambalan itu sempurna dan anda rajin memelihara kebersihan gigi anda sehingga tidak ada lubang yang baru.

  16. ardli said

    mas,,. saya adalah anak seorang bintara angkatan laut,,, saya ingn tanya mas apakah anak bintara bisa masuk aal mas..,, krn slama ni i2 yang membuat saya tidak yakin…,,, pdhl sya sdah mempersiapkan smua dgn baik mmas…

    • suryasajalah said

      mas ardli, semua pemuda-pemudi Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai cita-citanya, termasuk masuk AAL. yakinlah bahwa latar belakang anda tidak akan menghambat anda. anda justru malah harus memiliki motivasi bahwa anda dapat meneruskan jejak orangtua anda di AL, apapun pangkatnya. tidak menjadi jaminan bahwa anak seorang Laksamana dapat dengan mudah masuk AAL, apabila fisik dan mentalnya tidak memenuhi kriteria.

  17. A.kenny adiba said

    Perkenalkan saya adalah siswa kls XII IPA di SMAN 1 Bali.
    Bang, saya ingin tau, kalau umpama tes fisik, psikolo, MI, dll lulus. tetapi untuk akademiknya kurang dikit, itu ada rekomendasi ga????
    dari seluruh tes diatas yang paling prioritas yang mana Bang????
    trus bisa g Abang jelaskan akademik yang perlu dimiliki mulai dari korp Pelaut, korp Teknik, korp Elektronika, korp suplai, dan korp Marinir. dan lagi satu Bang, nilai rata2x saya sewaktu kls satu 7,5, kls dua 8,2, kira2x bang nilai segitu sudah cukup apa kurang ya??????

  18. ari said

    ideologi tni itu apa saja saya mau tau? kirim ke e-mail ya pak

  19. sai said

    Assalamualaikum, mo tna ne Pak saya blum mksd tes mggmbr org sma rmhny, itu mksdny kl gmbr org, dari kepala nympe kki g ble ptus.ptus? ato gmbr kpla dlu,trus kl uda slse dlnjtin ke yg laeny? dan juga klo tes kshtn ,kki sya kn da yg rtak tp uda nytu gy it gmn? trima ksih, wassalamualaikum,,

  20. abdiannurrahyudika said

    saya selalu gagal dalam mengikuti tes dan ini sudah 9x di TNI AL dan tinggal 2 kesempatan lagi,saya mohon untuk dapat lolos.

    • suryasajalah said

      tetap semangat mas, jadikan kegagalan anda sebagai pelajaran untuk dapat lolos tes. Sebagai saran, anda dapat mencari kenalan kadet-kadet AAL, dengan demikian anda dapat diberi tips-tips yang lebih detail mengenai tes masuk AAL. Semoga sukses meraih cita-cita anda.

  21. nofri said

    ASSALAMUALLAHIKUM.WR.WB
    kak apa yang dimaksud dengan tes pantuhir mohon jelaskan?

    • suryasajalah said

      Walaikumsalam Wr. Wb.
      pantukhir atau panpus adalah tes tingkat pusat yang pesertanya mencakup seluruh indonesia yang telah lolos seleksi tingkat daerah.

      Wassalamualaikum Wr. Wb.

      • Restu said

        maaf,, izin bertanya pak/kak… pantukhir itu d test nya seperti apa saja ya?? apa sama dengan di test wawancara ?? sekian terima kasih..

  22. DANANG said

    insya ALLAH 3 hari lagi saya akan mengikuti test kesehatan untuk bekrja di Bank. boleh gak saya tahu tipsnya?

  23. elvin said

    pak kalo masuk akmil,psikotes kepribadian maksudnya apa pak?

    doain saya pak masuk akmil 2010……
    karna akmil adalah cita2 saya….
    bravo taruna akmil….
    aku akan menyusul ke lembah tidar tahun depan….

    • suryasajalah said

      psikotes kepribadian adalah tes untuk melihat apa jenis kepribadian anda, dengan begitu pihak TNI dapat memutuskan apakah anda cocok menjadi anggota TNI. Apabila anda diterima akan ada lagi psikotes untuk menentukan jurusan/kecabangan apa yang akan anda ambil. terimakasih atas kunjungan dan komentarnya, semoga sukses selalu.

  24. jody said

    maaf mas apa ada toleransi di AAL/AAU soal umur?
    karna umur saya tdk mencukupi,sbab saya mengikuti Kelas percepatan…
    mohon balasan nx….
    thanx…

    • suryasajalah said

      setahu saya tidak ada mas, karena pada pembukaan pendidikan minimal umur 18 tahun dan tidak ada toleransi. tetap semangat, anda dapat mencoba lagi tahun depan.

  25. Agwi Nirmala Ghozani said

    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    alam hangat dan salam sejahtera kepada bapak.
    terima kasih atas informasi dan panduannya yang sangat berguna ini. saya cuma pengin minta doa restu saja. saya ingin melanjutkan ke AAD.
    Terima Kasih.

    • suryasajalah said

      Walaikumsalam Wr. Wb.

      Sama-sama mas, semoga berhasil masuk Akmil dan menjadi penjaga negara.

      Wassalamualaikum Wr. Wb.

  26. dharma ramadhan said

    assalamualaikum mas,
    saya ingin tanya apakah tes untuk AAL, AKMIL, dan AAU. Dibedakan waktu dan tempatnya?

    • suryasajalah said

      Walaikumsalam Wr. Wb.
      pasti dibedakan mas, untuk akmil di kodam masing2 daerah, untuk AAL di Lantamal masing2 daerah dan AAU di Lanuma masing2 daerah.

      Wassalamualaikum Wr. Wb.

  27. yanto said

    askum,,mas sya mo tanya ,,katanya kakak teman saya setelah diterima masuk militer ,waktu di pendidikan slama beberapa bulan sering ada siksaan dr seniorx…..
    dan katanya kadang2 d tendang make’ spatu bootx….,,

    apa smua itu btul y mas ???
    mohon pnjelasannya ….

    trima kasih…….

  28. Rizky permana said

    Assalamualikum,,
    pa saya mau nanya, kapan pembukaan pendaftaran Bintara Polri dibuka…??

    • suryasajalah said

      walaikumsalam,

      menurut info yang saya dengar, Secaba Polri dibuka pada November tahun ini. Terimakasih atas kunjungannya dan semoga sukses selalu.

      wassalamualaikum wr. wb.

  29. Rizky permana said

    Assalamualikum,,
    pa saya mau nanya, kapan pembukaan pendaftaran Bintara TNI AD dibuka…??

  30. alif said

    aku mau tnya,klo gigi saya bolong sebaiknya diapakan?

  31. dodik kurniawan said

    Assalam mualaikum wr.wb
    Mas mau tanya semua elemen (AU,AD,AL) itu tergabung menjadi satu di dalam AKMIL?????????beri penjelasannya?????????

    • suryasajalah said

      Walaikumsalam Wr. Wb.

      AD,AU,AL dan Polri tergabung menjadi satu di Akademi Militer saat latihan Chandradimuka atau latihan basis militer selama 3 bulan 2 minggu, setelah itu para taruna, karbol dan kadet akan kembali ke Akademi masing2 untuk menempuh pendidikannya.

      Wassalamualaikum Wr. Wb.

  32. irfan said

    Assalamu’alaikum

    bang wajah apa mempengaruhi dalam tes akmil?

    • suryasajalah said

      Walaikumsalam Wr. Wb.

      Untuk wajah, diusahakan bersih tanpa jerawat dan jangan ada bekas luka, karena postur tubuh diperhitungkan di tes parade ataupun di tes kesehatan.

      Wassalamualaikum Wr. Wb.

  33. sigit sucahyo nugroho said

    saya adalah peroko yang sangat berat sekali mas.pertanyaan saya :
    1. apakah saya bisa masuk tni bila saya adalah perokok berat?
    2. apa tips agar ketika tes EKG?rekam jantung saya bisa lolos?

    terima kasih

  34. dharma ramadhan said

    Assalamualaikum. Mas, ingin tanya, untuk memperdalam pull-up, bagaimana caranya? dan sebenarnya pull up untuk lolos berapa? dan untuk ranking aman berapa mas?

  35. Sarita said

    Assmwrb pa, mohon tanya kalau untuk seorang Bintara TNI AD pangkat sersan satu, berumur 29 thn, jalur apa yang bisa ditempuh untuk meningkatkan karirnya? bagaimana caranya supaya dia dapat meraih jenjang Perwira TNI AD? Tahun 2004-05 dia sudah menjadi bintara Kopassus di markas Cijantung, lalu setelah tsunami dikirim tugas ke Aceh sampai sekarang. Tapi tugasnya saat ini adalah sebagai intel kodim. Mohon pencerahannya, wassalam.

  36. Adi Sadiwa said

    Assalamualaikum…

    Pak saya mau tanya, di tes kesehatan apakah alat reproduksi juga di cek.. yang tidak di perbolehkan apa saja..
    terima aksih

  37. Adi Sadiwa said

    Pak saya mau tanya ni…
    untuk tes lari seberapa cepat kita harus berlari utk dpt mncapai 8 putaran min 12 mnit..
    trima kasih….

  38. wynachoss said

    halo mas suryaaaaa

  39. radisty said

    pak saya maw tanya untuk angkatan akmil tahun 2010 apa boleh dari ips? karena kakak saya mendaftar tahun 2009 ini dan ditolak karena dia dari ips
    terimakasih sebelumnya

  40. Rio hudi said

    Mav pak mw tanyak, klu sya mw ikut tes ke al nilai rapot ipa minimal harus brapa?
    APakah nilai danem juga menentukan buat tes al thun 2010

  41. fajar siddiq said

    ass.
    pak,sya mw nanya…gigi saya d cbut 2,,dan saya g bisa berenang,,da kmungkinan d terima g???
    mhon jwabannya,,,lewat email jg blh..
    trims..wass.

  42. najib said

    assala mualaikum wr.wb
    saya najib.saya ingii menjadi tni ad.tapi dlu saya sdah perokok.tp dgan latihan selama 6 bulan lari +\- 3km apakah bisa membantu.sekian terima kasih

  43. ary said

    pak,,,saya mahasiswa kedokteran
    insyaallah 4 thun lagi saya menjadi dokter
    saya ingin sekali masuk akmil,,,
    tapi saya dengar,,tidak bisa lebih dari 22thn

    sdgkan selesai dokter umur saya 24 thun
    kira2 saya bisa masuk kemana??

  44. Restu said

    assalamu’alaikum.. katanya dalam test kesehatan, ada d test alat reproduksi ya mas?? katanya d test nya apa perempuan,, apakah semua itu bnar?? dan yang d test dalam alat reproduksi nya itu apa saja ya mas ?? sekian terima kasih..

  45. marxissukarnois said

    sedikit out of topic,
    PGT AU emang udah top markotop dari jaman BUNG KARNO, ini satuan jumlah personilnye dikit tapi kemampuan combat/fighting nye lethal bangetsss…udah kebukti di trikora,operasi 17 agustus (menumpas PRRI/PERMESTA),numpas DI/TII ama DWIKORA…tapi sayang seribu kali sayang pas eyang HARTO melakukan kudeta berdarah 1965 PGT (generally indonesian air force) di kebiri !!,difitnah dalang PKI lah,budget di potong, anggotanye di gembosin etc…etc tapi semangat tidaklah mudah luntur…AYO TETAP MENGASAH KEMAMPUAN dan MODERNISASI alutsista supaya PGT kembali disegani baik kawan maupun lawan…AURI JAYA !!!! sorry for this rough comments…

  46. Aulia said

    assalamualikum
    mas saya mau bertanya.
    saya sekarang kelas 2 sma jurusan ipa kelas sbi
    terus saya lahir pada bulan mei tahun 93 dan saya sekarang
    berumur 16 tahun.
    yang saya tanyakan ialah.
    1.Apakah kelas sbi itu juga bisa masuk pertimbangan masuk aal mas?
    2.mas tolong dijelaskan yang katanya umur harus terhitung dari bulan agustus saya kan masih 16 nah tetapi saya mau mendaftar pada tahun setelah lulus sma yaitu tahun 2011 kira2 bisa ta mas?
    3.kalau tes renang itu apakah boleh pake kacamata renang mas?
    terima kasih sebelumnya. mohon dijawab mas ya
    assalamualaikum wr.wb.

  47. erik said

    assalamualikum
    mas saya mau bertanya.
    saya sekarang kelas 2 sma jurusan ipa kelas sbi
    terus saya lahir pada bulan mei tahun 93 dan saya sekarang
    berumur 16 tahun.
    yang saya tanyakan ialah.
    1.Apakah kelas sbi itu juga bisa masuk pertimbangan masuk aal mas?
    2.mas tolong dijelaskan yang katanya umur harus terhitung dari bulan agustus saya kan masih 16 nah tetapi saya mau mendaftar pada tahun setelah lulus sma yaitu tahun 2011 kira2 bisa ta mas?
    terima kasih sebelumnya mohon dijawab mas ya
    assalamualaikum wr.wb.

  48. Pemil said

    maaf,, izin bertanya pak/kak… pantukhir itu d test nya seperti apa saja ya?? apa sama dengan di test wawancara ?? sekian terima kasih..

  49. Pemil said

    maaf,, izin bertanya pak/kak… pantukhir itu d test nya seperti apa saja ya?? apa sama dengan di test wawancara ?? apa boleh setelah melamar ke AAD terus g d terima,, tp ikut daftar lg ke AAL pada bulan yg berikutnya? sekian terima kasih..

  50. DETA said

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Minta tolong pak,minta jadwal pendaftaran AKMIL 2010 dan persyratan yang baru.
    Walaikumsalam Wr. Wb.

  51. Bayu Aji Sasongko said

    assalamu’alaikum……
    mas, salam kenal mas. ni bayu, dari Singkawang Kal-Bar.
    mau sharing-sharing nih mas, sebelumnya saya baca dari comment yang lain kalo wajah gak boleh ada bekas luka atau jerawat. gimana mas? solusinya?
    trus biasanya dari setiap provinsi yang bisa lolos jadi calon taruna itu berapa orang?
    terima kasih mas.

  52. akhmad noprianto said

    ass.slm kenal pak.ini saya vito mw tnya tntng test wawancara akmil,biasany pertanyaanya kyk ap pak?dan untuk test akademik meliputi ap saja,n materinya ap?trimakasih sblmny?

  53. ono said

    assalamu’alaikum ..
    mas saya mau tanya, untuk push up, sit up, pull up di waktu atau tidak?
    lalu untuk tes renang berapa kedalamannya?

  54. raja said

    assalamualaikum………brarti untuk yang program ips thun ini udah boleh ikutan gak,mas?

  55. Hermanus said

    Pak saya dari kecil sudah minat jadi tni. Tapi sekarang saya berumur .16 tahun, fisik saya lumyan. Tapi gigi bolong 3, apakah gigi bolong. Bisa. MOHON DI JAWAB

  56. permisi pak,
    ijinkan saya bertanya”
    menurut Bapak apa saja yang harus di waspadai dalam testing masuk AKABRI,yang merupakan point-point yang harus dikuasai,saya mohon bantuan bapak

    Terima kasih,

  57. yurzhamara putra zamzana said

    salam hormat.

    untuk saya pribadi msalah kekerasan it harusnya perlu,karena TNI AD,AU,AL it perlu kekerasan.
    sehingga mental kita bisa jadi seorang TNI yg sesungguhny.

    saya mohon ada kekerasan saat pendidikan dilaksanakan.
    trima kasih.

    HORMAT SAYA
    CALON AKMIL 2010
    YURZHAMARA PUTRA ZAMZANA

    BALAS

  58. War Lord said

    ASSALAMUALAIKUM..

    Masalahnya mas 99,99% orng2 yg test AKMIL yang tidak menggunakan uang iru GUGUR ditengah jalan,terlalu banyak manipulasi.
    saya bingung,org jujur benar2 tidak terpakai..

  59. Eko yudha said

    saat ini saya lagi ikut test catar 2010.saya ingin bertanya…saat tes MI….nanti kira-kira pertanyaan apa yang akan di tanyakan oleh panitia….dan saya harus pelajari apa saja………?tolong di jawab ya…terama kasih.

  60. hendra purnama said

    saya akan daftar akmil thun 2011 nanti.
    terus apa saja yang harus aku persiapkan????
    tolong ini di balas.

  61. rudi said

    tes yang lain ada ga pak??/
    please jawab sekarang cepat

  62. ferri aris setiawan said

    ass..
    mas sya mau nanya?
    1.mata saya kan agak minus, dapet gak saya masuk tni al?
    2.jam brpa saja para akedemi mulai bangun aktivitas? dan apa saja aktivitas yang selanjutnya dilakukan akademi?
    3.benarkah mata dan gigi menjadi utama dalam tes fisik taruna?

    terima kasih mas

    wass..wr.wb

  63. Fian said

    pak,mau tanya,tahun 2011 nanti akmil bisa dari program ips nggak??

  64. melli said

    assalamualaikum pak..
    saya mo tanya pak untuk masuk PK apa test nya juga seperti yang dcantumkan d atas??
    trus untuk peserta yang memakai jilbab bagaimana penanggulangannya??
    apa setelah lulus pendidikan apa masih bisa pake jilbab..
    terima ksih sebelumnya..

  65. Rizki said

    Assalam”mualaikum wr.wb mohon ijin bertanya pak,sy tahun depan akan mendaftar AAL,sy ingin menanyakan test kesehatan ERGOMETRI(detak jantung saat mengayuh sepeda) tolong pak beri penjelasannya gimana tipsnya biar bisa lolos dengan baik,karena teman2 sy yg sudah mengikuti tes sampai panpus lalu gugur mayoritas gugur di kesehatan tes ergometri,mohon penjelasannya munjin.trims

  66. supriadi said

    pak klu umur masuk tni 23 tahun apa masih diterima.dan kenapa masuk tni gigi harus sehat.mohon penjelasannya.

  67. rahmad said

    pak,,, biasa nya soal matematika yg diterapkan dalam perwira karir itu tntang apa y?? cz brhubung saya dlu dri ips dan saya lht klu di perwira karier bisa menerima lulusan ekonomi sesuai dengan jurusan saya. trimakasih

  68. Achmad malik said

    Assalamualaikum? Pak maaf mau tanya,, pak klo penderita varikokel itu apa PASTH tidak lolos tes keshatan? Atau ada pertimbangan dari tes tes yang laen? Mkasih pak, saya tunggu jawabannya,,,

  69. Khoiruddin srgr said

    Pak”sya mw nany sya pak perokok berat,bsakah sya mlamar angkatan laut?tolong jawab pak ya

  70. sanggam simamora said

    pak,, apakah smua syarat itu harus diakukan smuanya
    sperti kgiatan kesamaptaan.
    dan menurut bapak,q skarang lg kuliah,, tapi aku ingin masuk menjadi salah satu anggota akmil.
    apakah aku harus meninggalkan kuliah ku????

  71. richy said

    pak,,
    saya mau daftar akmil
    tapi ada maslah dengan kesehatan gigi saya..
    terus bagaimana pak?

  72. ass.kum mas ,saya mau tanya kapan pembukaan TNI-AL ya???

  73. Nyoman Agus said

    pak,.3 gigi geraham saya copot dan saya pernah tindikan di kuping,.apakah masih ada peluang mengikuti test?
    untuk syarat pendaftaran 2011 linknya dmn?
    terima kasih

  74. Jaka ginting said

    MINTA IJIN MAS…
    MAAF…
    SAYA ADALAH SEORG PELAJAR KELAS 3 SMA DGN JURUSAN IPA…
    SAYA INGIN TAHU SEWAKTU TEST AKADEMIK MASUK AKABRI KIRA2 CONTOH2 SOAL SEPERTI APA SAJA YG AKAN DI BRIKAN SEWAKTU TEST…
    BIAR SAYA TAHU MEMPERSIAPKAN DIRI DARI SKRNG MAS..!!

    MAKASIH…

  75. yuda estu pratama said

    apakah boleh bila seandainya mata saya minus 0.5?
    mohon petunjuk?

  76. piluz said

    mz mau tanya tangan saya berkringat,katanya lemah jantung,bisa gak ya masuk TNI??makasih,tolong di jawab

  77. barra said

    saya ingin tanya pak
    boleh ga kalo ada bekas luka di muka
    yang ga bisa hilang
    apa bisa di trima
    trims

  78. Ryan said

    Salam Kenal,,
    Saya ingin bertanya,
    Apakah ompong 2 gigi disekitar graham kanan dan kiri, masih biisa menjadi taruna AKMIL dari segi kesehatan?
    Terima Kasih

  79. surya candra yudha said

    assalamualaikum pak,saya mau tanya hal apa yang terpenting dalam mengikuti seleksi AKMIL,sprti mempersiapkan fisik dan sebagainya,soalnya belum pnya pgalaman di pendaftaran AD.mksih sblumnya…2x gagal di akpol da secaba polri.mudah mudahan bisa di terima di akmil.amien

  80. josua simorangkir said

    minta izin pak.
    boeh gak bapa memaparkan sedikit tentang test psikotest itu.
    apa – apa saja pak yang ditesting dlm soal psikotes itu.
    tolong dijawab pak ,
    terima kasih!

  81. m.lufti hakim said

    saya ingin tanya pak gimana cara masuk akmil terus apa aja materi nya

  82. josua said

    saya ingin tanya pak,
    kalau test akademis untuk calon taruna akmil, itu biasanya di testing di tingkat mana y pak?

  83. boloni said

    pak,saya mau tanya.
    sekarang saya kelas 2 sma. dan saya mau test AKABRI setelah lulus nanti. tapi tamat kelas 3 nanti saya msi 17 tahun. bisa tidak pak? dan untuk test tahun 2012 nanti bulan berapa ya pak? dan juga ,saya punya gigi yang berlubang, bisa tidak pak bila gigi saya saya tambal? mohon bantuan nya pak. karna saya sudah sangat bercita-cita untuk menjadi seorang perwira.

    terimah kasih.

  84. Dimas said

    assalamualaikum wr.wb…

    mau nanya kalau di akmil kan ada tes academy yang di teskan nya pelajaran apa saya terus point mata pelajaran apa ??

    kalau yang tau di jawab ya…
    terima kasih…

  85. romie adi said

    ass..
    izin masuk pak..
    saya ingin brtanya brp jumlah kuota yg di terima pada setiap satuan AKMIL,AAU,AAL untuk tahun ini?
    dan knp ya oknum dalam sendiri malah suka pungut2 dana,terutama pada saat seleksi penerimaan di setiap panda?
    bukankah sudah di biayai negara?
    maaf sebelumnya pak,krn saya sendiri sudah mengalami itu dan rencananya saya akan mencoba lagi tahun ini..

  86. Kata teman saya saat kita ikut tes AKMIL/AKPOL ada tes keperjakaannya ?
    thanks…

  87. irwan hermawan said

    mas saya mau tanya tinggi badan saya 163 cm,apakah bisa masuk dalam akmil?

  88. riki priadi said

    assalamualikum wr.wb
    slamt siang pak
    sya ingin bertanya mengenai penerimaan bintara tni ad yng kata nya akn tidak diadakan penerimaan lagi mulai 5 tahun kedepan
    mohon penjelasan nya ya pak
    terima kasih

  89. arsa said

    ass,
    pak, perkenankan saya untuk bertanya tentang kondisi badan. saya sudah pernah operasi varikokel. tetapi anggota badan saya semuanya tak ada masalah. apakah saya masih bisa di terima di akmil pak?
    terimakasih atas jawabannya.
    waalaikmsalam.

  90. albe said

    sya cita-citanya mau jai brimob mudah mudah han saya akan berhasil dengan cita cita saya,saya sekarang masih duduk di kelas 2 smp.jadi masih jauh untuk masuk polisi brimob tetapi sya akn belajar sungguh untuk masuk polisi.saya mau banggakan orang tua saya.

  91. TARUNA EKI said

    salam hormat.,
    ayah saya seorang jendral d papua.,
    saya mnta soal tes AAU

  92. dika said

    aslkm pak,
    saya usul, supaya sistem seleksi dan penerimaan tidak mengenal sistem koneksi dan kolusi sehingga tentara dan polisi yang terbentuk menjadi tentara yang baik, profesional beritegritas tinggi dan tidak korup, dengan harapan mereka bisa menjadi pelindung,pengayom masyarakat dan pejuang bangsa yang dicintai oleh segenap bangsa ini.

    wassalamualaikum

  93. satria said

    ass., saya mau bertanya pa,..
    apakah taruna akmil ada test bahasa asing???
    mohon dijawab

  94. yanda dwi utama said

    apakah mantan junkis(pemakai) bisa untuk menjadi anggota militer……???
    mohon di jawab….

  95. rendi said

    assalamu’alaikum …
    pakk.. kalau tes renangnya bagaimana ?
    ketentuannya apa saja ?

  96. mas klw latihan fisik yg benar itu bagaimana dan apasaja suplemen yang dbtuhkan?
    lau minimal tinggi badan bgaimana

  97. bagus W said

    saya mau nanya kak,,pelajaran apa yg harus dikuasai oleh calon taruna masa depan????
    agar kita bisa lolos tes akademik???

  98. riki said

    pak
    saya mau nanya?
    aq kulh d3 jurusan akuntansi , pa bsa mlmar akpol atau akmil pak ?

  99. m. ainul yaqin said

    ASKUM WR WB
    SIANG PAK MW NANYA PAK
    apkah mata minus satu masih bisa ikut secaba ,tamtama, taruna pak

  100. satrio said

    ijin tanya! saya dari jurusan IPS apa bisa daftar AKMIL? mohon di jawab pak/ kak? saya lulus di tahun 2o13!

  101. Yayan Budiarto said

    saya ingin menjadi anggota militer AD ……
    yg ingin saya tanyakan, kalau gigi agak tidak rata namun sehat dan lengkap apakah sangat berpengaruh????

    tolong balasanya…..trim

  102. ass…
    pak saya ingin bertanya batas usia masuk secaba atau akmil brp ya pak?????

    trims

  103. RIKY said

    Saya mau tanya rata-rata nilai UNAS untuk masuk AKMIL berapa?
    terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: